Hati-Hati di Money Changer!

Standard

Buat yang sering traveling ke luar negeri pasti udah akrab banget sama yang namanya money changer. Dan disinilah momen-momen sifat MEDIT orang keliatan. Beda berapa poin saja sampai dibelain, padahal nggak sadar tuh ongkos nyamperin nya lebih mahal dari selisih nya tadi.

 

Kemarin, saya baru saja menukarkan Rupiah ke beberapa mata uang asing; US Dollar (USD), Malaysia Ringgit (MYR), dan Philippines Peso (PHP) buat bekal jalan-jalan beberapa hari lagi.

Biasanya, saya nggak terlalu pusing dengan selisih USD yang ada dipasaran money changer, karena memang kalau kita kurs kan ke Rupiah tidak terlalu signifikan, tentu dengan catatan nominal yang kita tukarkan tidak terlalu besar. Dan sialnya buat sebagian orang termasuk saya, jalan pikir ini berlaku juga untuk mata uang lain, selain USD. Jika kamu juga berpikiran yang sama, maka siap-siap nyesel deh. Let’s take a look!

 

  1. Untuk USD, beda 10-20 poin antar money changer bisa diabaikan. Contohnya, kurs USD berkisar antara 13.480-13.500, jumlah rupiah yang akan ditukar sebesar IDR 5 Juta, maka dengan kurs 13.480 akan mendapat 370,91 USD, dan dengan kurs 13.500 akan mendapat 370,37 USD. Selisih nya hanya 0,54 USD alias sepuluh ribu saja nggak nyampe. Mau pake gojek buat nyaperin yang lebih murah? SIA-SIA
  2. Untuk PHP, beda 10-20 poin HARUS DIPERHATIKAN! Contohnya, kurs PHP berkisar antara 280-300, dengan jumlah uang yang ditukar sama dengan diatas, maka kamu akan mendapatkan 17.857 PHP dengan kurs 280, dan 16.666 PHP dengan kurs 300. Selisihnya 1.191 PHP alias TIGA RATUS RIBU-AN!

 

See? Kesimpulan nya kamu harus lebih cerdas, jika mata uang yang kamu beli jauh lebih kuat daripada rupiah (USD, EUR) selisih yang hanya beberapa poin tidak perlu dipikirkan, tapi jika kurs mata uang yang kamu mau beli hanya selisih sedikit deng rupiah (PHP, THB) selisih poin walaupun kecil sangat signifikan!  Jangan sampai mau jalan-jalan hemat, malah uang kamu banyak hilang sebelum berangkat.

 

Berikut saya berikan beberapa tips untuk kamu yang ingin menukar rupiah dengan mata uang asing :

 

  1. Jangan pernah menukarkan mata uang asing di Bandara, jika tidak sangat mendesak. The worst money changer is in the airport itself.
  2. Jika mata uang asing tujuan tidak popular di pasar lokal Indonesia, contoh mata uang Kamboja atau Laos. Tukarkan sedikit saja dulu di dalam negeri, karena pada umumnya nilai tukarnya juga mahal, lalu sisanya ditukar ke USD untuk nantinya ditukar dengan mata uang lokal di Negara tujuan (ingat, jangan di bandara)
  3. Selalu menukar uang di Money Changer bersertifikasi atau resmi untuk menghindari penipuan atau uang palsu.
Advertisements

Mau ngapain (lagi) ke Museum Angkut?

Standard

Walaupun ini museum hip banget akhir-akhir ini ga bkin gue pengen tuh kesana. Ya apasih kayanya waktu liburan gue lebih berguna buat belajar gimana cara gak ghibah sama nyiyirin orang sih daripada belajar sejarah angut-mengangkut. #nyisir

Tapi karena momster (panggilan ke nyokap kalo di depan orang-orang aja) maunya kesini yaudah anak lanang turutin lah, mumpung juga long weekend liburan imlek.

Trip Details : 

  1. 2D1N
  2. Rute berangkat : Semarang-Batu (Via Salatiga-Suruh-Sragen-Jombang-Batu), takes 10 jam driving include lunch break, shalat, dan macetos bambang time.
  3. Rute Pulang : Batu-Semarang (Via Malang-Pasuruan-Surabaya-Pantura-Semarang), takes 12 jam driving dimana 4 jam sendiri gak gerak between Batu-Surbay! Ngehe. Etapi kalo mau kesini lagi mending lewat rute ini sih.

Buat traveler yang lebih suka adrenalin rush kaya gue, tentu kunjungan ke museum begini apalagi high season menjadi kegiatan paling nyebelin. “MAU NGAPAIN SIH?” Liat cendol-cendol ABG dempet-dempetan bau ketek sambil pegang tongsis kemana-mana?

Tapi memang harus diakui, museum angkut yang masih group nya Jatim Park ini memang serius bkin museum nya, ga murahan aja, well maintained, dan sangat edukatif (bagi bocah bocah) :)))

IMG_7380

Bayar IDR 80rb untuk jumat/weekend buat dapet ini, atau IDR 60rb untuk weekedays. Oiya, you gotta pay charge IDR 30rb for each camera, any camera!

IMG_7389

Mencoba di natural-natural-in adegan candid nya 🙂

IMG_7386

The old Chevo 🙂

IMG_7384

Begitu masuk wow, begitu sejam disini “MAKKKK BOSEN, MANA PINTU KELUARNYAAA”

IMG_7385

Seperti yang dilakukan ribuan orang disini. Foto ala-ala instead of belajar sejarah angkut mengangkut.

IMG_7391

Gue : “Pah, akting sok-sok nunjuk sambil senyum ya, jangan liat kamera” 🙂 AND HE DID WELL !! *gue tau bakat ini dari siapa skg*

IMG_7393

Tempatnya bagus. Tapi jutaan orang foto di spot yang sama. Trus lo mau ikutan juga? Di upload ke medsos? iyuuuuuuhhh~

IMG_7394

…..tapi ujungnya ikutan juga 😥

IMG_7390

NIAT KAN YAAA SAMPE BIKIN BEGINI?

Well, as I said before kalo museum nya emang bagus, yaaa high investment sih. Tapi karena emang gue dasarnya ga suka aja wisata yang penuh sama umat manusia yang di dalemnya semua pengen foto di spot yang sama. FOTO LO PASARAN JEK!

Kalo gue disuruh baik lagi kesini? Mau ngapain lagi?

TIPS :

  1. Buat yang pengen menjelajah ke objek wisata Jatim Park group lainnya, mereka juga sediain tiket terusan dari 300rb-400rb berlaku untuk 2-3 hari.
  2. Kesini jangan pagi2 amatan coy. Museum nya baru buka jam 12 siang
  3. Lokasi mushala buat yang pengen sholat ada di deket pasar apung sebelah basement

 

Trip Riya Awal Tahun ke Gili

Standard

“Sesungguhnya bagi mereka yang liburan akhir taun cuma buat mau riya di media sosial, akan kalah sama yang liburannya weekdays, tepat ketika semua orang di medsos ngeluh (lagi) masuk kerja, dengan begitu liburan akan semakin menyenangkan” 

Maka dengan way of life GAK MAU KALAH SAING yang mendarah daging, maka gue memutuskan ke untuk explore Gili, Nusa Tenggara Barat di awal 2016 ini.

Dan karena destinasiya udah mainstream, udah gaoke kalo gue sok-sok review ala ala. Karena niat nya sebenernya mau pamer foto dengan bonus update info soal Gili hihihi,

here you go !

Gili Travel Updates in 2016

  1. Gue trip budget tapi keliatan horangkayah ini adalah SOC-DPS by Airasia, Padang Bai – Gili by fastboat, Gili – Mataram by boat and car, LOP-SUB by Lion Air, SUB-SRG via Bus
  2. Damri Terminal Solo Balapan ke Bandara tidak reliable, gak ada jadwalnya. Jadi kalo lo buru-buru gak bisa diandelin. Damrinya cuma dateng ke terminal kalo ada penumpang dr bandara ke Terminal Solo Balapan.
  3. Buat yang mau ke Gili nya dari Bali kaya gue maren, gue rekomendasiin pake fast boat aja. Gak usah sok sok hemat mau pake ferry ya, jatuhnya asli ga beda jauh. Lagian lau ke mau nikmatin Gili kan, bukan nikmatin ferry :))
  4. Kalo gak ada acara di Lombok, jangan naik pesawat (ini kalo dari Bali ya), karena lo masih akan struggling dengan how to nyampe Gili yang not that easy, kecuali mau bayar mahal buat taxi.
  5. Buat dinner, kalo mau cari murah dan lo ke Night Market adalah pilihan yang salah, harganya sama aja. Gue beli sate 3 tusuk include nasi IDR 50.000, harga yang sama ketika gue makan pizza di salah satu cafe rekomendasi TripAdvisor. Lebih MEVVAH !
  6. Buat calon mantu sholeh idaman yang rajin sholat tp hobi menggumbar aurat kaya gue, gili amat sangat caring akan hal itu. Di masjid nya banyak banget sarung buat kalian yang mau sholat abis mantai 🙂
  7. The famous 3 Gili, has its own label. Gili Trawangan as a Party Island, Gili Meno as a Honeymoon Island, and Gili Air as a Paradise Island
  8. Overall gue lebih suka gili Air, lebih private, lebih enak buat escape. Gili T lebih mirip legian cuma kaga ada motor seliweran aja sih.

Travel Expense Seingetnya 🙂

  1. Taxi Terminal Solo Balapan ke Airport : IDR 50.000++
  2. Ongkos naik fast boat one way dari Padang Bai, Bali ke Gili Trawangan/Gili Air adalah IDR 275 (gue naik Semaya One fast boat nya) include pick up dari hotel di Bali kok, tinggal duduk manja, sampe deh di Gili. Foto di fast boat tentu lebih memukau dibandingkan ferry wkwk.
  3. Harga sewa sepeda buat sehari di Gili T (masih) IDR 50.000 (gue sih kemarin pinjem yang di harbour, cukup oke kok), kalo di Gili Air bit cheaper, I got IDR 40.000/day
  4. Snorkeling 3 gili pasti harganya seragam 100rb, coba lo ke kios travel tour persis depan Night Market, disitu harganya IDR 85.000
  5. Public Boat Gili Trawangan ke Gili Air IDR 40.000 (sesuai jadwal)
  6. Public Boat Gili Air ke Bangsal IDR 12.000 (gak jadwal, nunggu penuh 30 orang), kalau fast boat IDR 85.000
  7. Sewa mobil dari Bangsal ke Mataram IDR 150.000
  8. Taxi dari Mataram kota ke Shuttle Bus Damri IDR 15.000
  9. Damri dari Mataram ke Airport (LOP) IDR 25.000
  10. Damri SUB ke Terminal Bungurasih IDR 25.000
  11. Bus Terminal Bungurasih ke Semarang IDR 100.000
IMG_5860

Inside Terminal Bus Solo Balapan. BAGUUUUUUSSSSS, and you gotta pay IDR 5000 if you departing from this terminal, yaa isokek lah 🙂

 

IMG_5899

Day 1, Kuta Bali. Location : Palloma Hotel Kuta

IMG_5908

Mas, nunggu boat nya di waiting room ya. Kebayangnya : Kursi panjang, ber ac, banyak colokan. Kenyataan : Kandang sapi versi di keramik aja.

IMG_5947

All aircon doesn’t work. At all !

IMG_5946

Giant Sauna !!!

IMG_5953

Upper deck, sambil ngebir dingin, beeeeehhh *eh haram ya* 😦

IMG_5995

Pagi ganteng di Gili. TSAAHHHH

IMG_5969

Percuma ganteng doang kalo gak sholeh. YAGAKSIH? *RIYA ULTIMATE*

IMG_6254

Gaga mainannya kalo ga lotion ya banana boat.

IMG_6313

SAMUEL RIZAL KALO KELUAR KOLAM KOK BAGUS GUE ANCUR?????

IMG_6798

Working while holiday? why not?

IMG_6221

Boat Ticket Update

IMG_6800

CAKEP YA?

IMG_6277

Info penting seputar shuttle di Lombok

IMG_6276

LOP=BIL

Tempat Jogging Hipster Abad 21 : Henderson Waves, Singapore

Standard

Pertumbuhan pelari karbitan dalam negeri tampaknya semakin signifikan ya akhir-akhir ini, ditambah dengan banyaknya event running ala-ala yang banyak digelar. Tapi pasar media sosial tampaknya sudah mulai jenuh dengan mulai banyak nya update-an running shoes di Senayan atau Car Free Day, tentu hal ini ditandai dengan menurunnya likes di instagram atau emot-love di Path. Suatu fenomena yang menjadi problem tersendiri untuk anak remaja abad ini. Namun, jangan khawatir, kali ini gue akan review jogging di Henderson Waves sebagai ibukota jogger hipster Asia Tenggara. Here you go,

Belum lahir udah ngos-ngosan karena si jembatannya jauh di atas bukit (36m dari Henderson Road). Ada ratusan anak tangga buat kesini.

Belum lari udah ngos-ngosan karena si jembatannya jauh di atas bukit (36m dari Henderson Road). Ada ratusan anak tangga buat kesini.

Baru 5 menit lari udah pengen foto. YASALAM

Baru 5 menit lari udah pengen foto. YASALAM

Disini banyak ditemui cewe-cewe lucu jomblo jalan sendirian <3

Disini banyak ditemui cewe-cewe lucu jomblo jalan sendirian ❤

View from the bridge

View from the bridge

Mirip Sudirman-Thamrin.  Jam 3 subuh, tapinya.

Mirip Sudirman-Thamrin. Jam 3 subuh, tapinya.

Ini kalau di Indo udah jadi pasar kaget nih hari Minggu :))

Ini kalau di Indo udah jadi pasar kaget nih hari Minggu :))

Pengen tiduran di jalan gak sih ? Engga ya ? :(

Kok gue rasanya pengen tiduran di jalan ya? *NDESO*

Abis jogging laper, nyari bubur ayam gak ada. Poor you, Singepo :(

Abis jogging laper, nyari bubur ayam gak ada. Poor you, Singepo 😦

See you, Henderson!

See you, Henderson!

Brief Tips from Malesgerak : 1. Kesininya sore aja, lebih seger. Kalau pagi panas nya KHAN MAEN ! 2. Cara kesini lo tinggal naik MRT ke Harbourfront, exit pintu C. Lo cari halte bus dan naik bus no 145 atau 131 turun di halte ke 5 mulai dari harbourfront (Halte Aft Telok Blangah) 3. Jangan lupa bawa air minum kalau kesini. Jangan ngegantungin alfamart kaya di Indo. 4. Jangan sendirian, nanti kan susah kalo minta foto HAHAHA

10 Barang Wajib Dibawa Saat Traveling !

Standard

Mungkin bisa dibilang, salah satu ritual paling bikin pusing sebelum traveling selain bayar tiket pesawat adalah packing. What the hell stuffs should I bring with. Semua dimasukin, trus kebanyakan, trus gak muat, trus dibongkar lagi. Diulang terus sampe bego.

Jadi, apa aja sih yang harus dibawa kalau lagi traveling sebenernya? Nih gue kasih bocoran, barang-barang yang harus dibawa saat traveling ala Malesgerak :

  1. Pakaian

Biasanya paling ribet adalah masalah pakaian, terutama cewek yang pikirannya “Duh, nanti masa di foto baju gue sama semua. Apa kata temen gue di path nanti?” #problemHidup

Jeans bawa aja satu, orang lain juga gak bakalan ngeh kok. Untuk atasan, juga bawa sedikit aja, toh kalau kurang kan bisa beli disana. #HORANGKAYA

  1. Underwear

Gue lebih prefer bawa disposable pants terutama kalau ada acara basah-basahan, karena gak perlu pusing cuci nya gimana atau bawa pakaian kotor kemana-mana.

  1. Sunglasses

Wajib dibawa, karena selain tambah kece, aplah arti liburan tanpa sunglasses. Gak punya? Beli aja harga 15 ribu, nanti di foto juga gak keliatan itu murah apa mahal. HAHA

  1. Sendal jepit

Menurut lo aja ya masa mau ke pantai bawa-bawa sepatu ?

  1. Vaseline Petrolium Jelly

Obat segala obat pengganti first aid kit kalau buat gue. Wajib ada di tas.

  1. Terminal Colokan

Untuk menghindari adanya bentrok antar teman dalam rebutan colokan.

  1. Kanebo

Buat gue ini pengganti handuk karena gak punya duit untuk beli handuk microfiber. Ringan, dan gak makan tempat, dan sangat menyerap air. Daripada bawa handuk basah kemana-mana di dalam tas?

  1. Credit Card

Terutama buat yang traveling ke luar negeri, buat gue wajib namanya bawa credit card instead of debit card. Karena selain debit card lo kaga laku disana, dengan credit card lo lebih secure daripada bawa uang tunai, plus nggak perlu khawatir mikirin currency karena tinggal gesek ketika darurat duit mata uang lokal nya abis. Tapi kan rate nya mahal? YAKAN DARURAT, MALIH ! K

  1. Neck Wallet

Ini juga penting untuk masalah menjaga harta benda lo dalam bentuk duit selama jalan-jalan. Simple and secure, karena tersembunyi di balik pakaian. Karena dia tipis, gak akan keliatan kok dari luar kalo ada dompet di dalam pakaian lo. Asal jangan diisi duit recehan semua aja sih. BERAT !

  1. Kamera

Sayang udah beli tiket mahal-mahal masa gak ada yang bisa dipamerin ? #SolidaritasTravelerRiya

10 barang di atas adalah travel essential gue, ada yang mau nambahin ?

Aplikasi Gratis Terbaik Untuk Traveling

Standard

Jaman sekarang, orang nggak bisa lepas dari yang namanya gadget, termasuk waktu traveling. Kenapa? Karena sekarang buaaanyak banget mobile apps yang emang dibikin buat ngebantu para traveler. Sepanjang destinasi lo tercover jaringan internet atau wifi, gak perlu lagi tuh nenteng-nenteng kompas, ribet buka peta tengah jalan, atau pusing nyari tempat kuliner enak di tempat baru. Nah, kali ini gue mau sharing mobile apps apa aja di iPhone gue yang sangat berguna waktu jalan-jalan. Here you go,

  1. Agoda – Download

Aplikasi hotel murah Aplikasi gratis hotel

Dari traveler karbitan sampe yang veteran juga pasti paham sama aplikasi ini. Kalo bisa dibilang sih The most renewed hotel reservation website on earth deh. Nah, agoda versi mobile ini jadi sangat ngebantu kalau mau booking hotel, khususnya kalau mau ke luar negeri. Tampilannya gak ribet, dan bisa di sort by price, rating, atau review score nya.

Tapi, pembayaran terbatas hanya pakai kartu kredit. Dan inget, harga yang ada di timeline kalian itu belum final, exclude tax and fees. Jadi jangan kaget kalau pas mau bayar harganya jadi mahal. *suka kesel*

  1. Traveloka – Download

Hotel murah traveloka Tiket murah traveloka

Buat traveler domestik pasti udah akrab banget sama Traveloka, karena selain iklan nya muncul mulu di TV, situs ini juga sering ngasih deals dalam bentuk voucher. Dan yang bikin gue suka sama Traveloka, interface nya simple banget untuk versi mobile nya ini, dan proses pembayaran nya pilihannya banyak. Sangat bisa diandalkan untuk cari tiket pesawat dan reservasi hotel, khusunya dalam negeri.

  1. Skyscanner – Download

tiket murah skyscanner Tiket murah pesawat

Aplikasi canggih buat para fakir tiket murah. Aplikasi ini akan ngesort tiket pesawat based on price, sampai periode satu tahun. Means, buat traveler yang free buat terbang kapan aja bisa gampang banget ngeliat kapan harga tiket paling murah dari seluruh maskapai sepanjang tahun. Moreover, mereka nggak nge charge sepeserpun untuk setiap booking, karena nanti akan di direct langsung ke situs pemesanan tiket yang dimaksud. See, wajib hukumnya aplikasi ini ada di gadget lo.

  1. TripAdvisor – Download

aplikasi tripadvisor review tripadvisor

Untuk mencari rekomendasi dan review secara real dari customer TripAdvisor sangat bisa diandalkan, mulai dari hotel, restaurant, sampai destinasi wisata. Gue biasanya ngegunain apps ini untuk baca review hotel sebelum melakukan reservasi, dan kabar baiknya setelah baca review lo gak harus repot-repot buka situs lain untuk booking hotelnya, karena dari TripAdvisor udah nyediain link ke beberapa situs reservasi hotel lengkap dengan penawarn termurah nya masing-masing. Selain itu, situs ini juga jadi panduan terpercaya sebelum kita memutuskan untuk pergi ke suatu tempat wisata. Jangan impulsif karena liat foto-foto di instagram orang langsung main pergi aja, disini lo bisa baca review orang secara lebih jujur gimana aslinya.

  1. Airbnb – Download

Aplikasi pencarian hotel murah Aplikasi pencarian penginapan murah

Aplikasi favorit gue untuk masalah hospitality. Karena gue kalo traveling lebih suka meet the local and act as local too, jadi gue akan sangat lebih seneng kalau di host orang lokal daripada tinggal di hotel. Penjelasan tentang Airbnb ini pernah gue review disini kalau mau baca lagi. Selain memudahkan kalian mencari tempat tinggal ketika traveling, juga bisa jadi lahan buat dapetin dollar. Caranya? Sewain aja room atau rumah kalian selama ditinggal traveling. Duit nya bisa deh dibuat ongkos jalan-jalan selanjutnya.

  1. HotelQuickly – Download

IMG_9335 diskon hotel murah

Sangat wajib untuk di install di iPhone kalian, untuk jaga-jaga kalau harus dadakan cari hotel murah. Kalau bisa dibilang, ini adalah Agoda dengan versi gak bisa booking jauh-jauh hari, karena emang didesain buat traveler yang go show nyari hotel, sehingga Cuma melayani reservasi untuk same day booking, atau 1 hari setelahnya.

Satu lagi, hotelnya gak bisa milih sesuai yang kita mau, karena mereka sudah memfilter sendiri hotel yang bisa kita pesan. So far, hotelnya bagus-bagus kok. I’ve tried to use this twice and it was work really good. Ini juga gue pernah review disini.

  1. XE Currency – Download

Aplikasi konversi rupiah IMG_9338

Sebagai orang yang sangat perhitungan, aplikasi ini berguna untuk menghitung currency secara realtime dari mata kuang kita ke mata uang asing. Fiturnya yang memungkinkan untuk menampilkan hasil konversi ke banyak mata uang secara langsung sangat memudahkan kalau lo berbergian lintas banyak negara.

  1. Qibla Free – Download

software arah kiblat aplikasi arah kiblat gratis

Tadinya review aplikasi ini mau gue tulis pakai bahasa arab, tapi karena gue tau kalau show off itu termasuk riya jadi batal *ditimpuk*. Well, selagi menikmati nikmat duniawi dimanapun tempat lo traveling, bagi yang muslim jangan sampai sholatnya juga ketinggalan ya. Dan aplikasi ini sangat membantu buat nentuin kemana arah kiblat sholat kalian. Insha Allah jalan-jalannya berkah *senyum simpul*

  1. Google Maps – Download

aplikasi peta gratis aplikasi smartphone peta gps gratis

Walaupun gue apple fan boy, tapi gue gak suka pakai maps nya apple, less accurate aja menurut gue. Google maps ini so far sangat reliable untuk nyari lokasi ataupun sekedar guide saat berkendara.

Well, aplikasi diatas semua gak akan ada gunanya kalau kalian miskin kuota ya. Jangan malu-maluin, bisa jalan-jalan masa beli paket data nggak bisa. Happy traveling!

Sensasi Nge-teh Ala Priyayi

Standard

Family trip kali ini sebenernya mau berafting ria di Sungai Serayu, Banjarnegara. Cuma karena reserve nya mendadak jd batal, tapi walopun udah bisa reserve juga gak bakal jadi sih, wong kebo semua, pada bangun siang! 😪😪

Akhirnya kami putuskeun untuk nyari tempat buat leyeh-leyeh sambil nge-teh cantik. Hasil googling sepanjang jalan akhirnya membawa kami ke Karanganyar, disana ada tempat ngeteh kece di areal perkebunan teh plus ditunjang banyak lokasi wisata di sekitarnya. Pasti udah kebayang kan gimana….

……gimana foto dan caption buat nanti foto ala ala instagram nya maksud gue.

😂😂😂

Setelah 3.5 jam perjalanan dari rumah ke lokasi, here we go !

Seger banget maaaaakk !

bareng si @nugraaji sama si sepupu @silviadamaa

Pas kita udah nemu si tempat ngeteh-nya ternyata ada sign kalo nggak jauh dari situ ada beberapa komplek candi, ada Candi Ceto dan Candi Sukuh. Jadi sebelum nge-teh ala ala, kami putuskeun lah keliling salah satu area candinya. Kami pilih candi Cetho kemarin, nih !

family trip kali ini diramaikan oleh 2 sepupu gue dan emaknye plus nenek gue. pada alim alim ya mukanya, emang yang setan gue doang nampak nya :’)

di areal candi nya banyak bangunan kayu gitu, dan tentu nggak original. kabarnya ini yang sempet bikin rame, karena restorasi candi ceto ini banyak menyimpang dari sisi sejarah dan originalitasnya, huft.

Though little bit touristy, tapi tetep kece tempatnya!

karena masih aktif digunain untuk ibadah temen-temen Hindu, jadi emang ga boleh sembarangan disini. wangi menyan banget dimana-mana.

Di dalem komplek candi ini emang banyak banget relief dan ornamen yang ngegambarin alat kelamin laki-laki dan perempuan.

Aura magis, ditambah suhu dingin, plus view dari atas lereng Gunung Lawu. Perfect !

Mirip yang ada di Suku Inca gak sih ?

Mirip yang ada di Suku Inca gak sih ?

Beres keliling Candi, baru deh kita ke tujuan utama, buat lunch dan nge-teh ala ala priyayi.

best seller disini black tea, oolong tea, sama green tea. satu teko 35k untuk 4 cup. mau cobain teh premium nya juga bisa, harganya 50k per cup.

Halaman samping Rumah teh Ndoro Donker. Yang otentik sih disini bangunan utamanya, yang katanya udah ada sejak tahun 1700an.

Halaman samping Rumah teh Ndoro Donker. Yang otentik sih disini bangunan utamanya, yang katanya udah ada sejak tahun 1700an.

Buat oleh-oleh atau kado lucu nih, packaging nya juga instagram-able :))

Buat oleh-oleh atau kado lucu nih, packaging nya juga instagram-able :))

Brief Infos :

  • Komplek Candi Ceto, Rumah Teh Ndoro Donker terletak 40km disebelah timur Kota Solo
  • Best way ke lokasi emang pake mobil pribadi, sangat nggak disaranin pakai sepeda motor. Karena selain medan nya cukup ekstrem, curah hujan disana tinggi banget.
  • Buat yang mau cobain pakai kendaraan umum info dari sini cukup lengkap.
  • Di komplek ini banyak banget tujuan wisatanya, ada Candi Ceto, Candi Sukuh, Air Terjun Jumog dan beberapa tempat outbond. Untuk menjelajahi semuanya, rasanya cukup one day tour karena saling berdekatan, tapi harus dateng pagi-pagi ya.
  • Untuk yang muslim, sebisa mungkin lakukan ibadah sholat sebelum naik ke komplek candi. Karena nggak ada masjid disini karena memang masyarakatnya beragama Hindu.
  • Candi Ceto merupakan tempat ibadah, jadi setiap pengunjung yang masuk harus pakai kain kampuh, yang bisa dipinjam dengan tarif sumbangan sukarela tepat di bagian kiri setelah ticket box.
  • Untuk pengunjung wanita yang lagi haid, dihimbau oleh pengelola untuk tidak masuk area candi.
  • Sementara di Ndoro Donker, selain minum teh kegiatan yang bisa dilakuin adalah jalan-jalan nyusurin perkebunan teh, atau bersepeda.
  • Kalau lagi liburan rame nya setengah mati sampai waiting list, jadi agak susah cari spot ngeteh yang oke. Dan sayang nya nggak melayani reservasi kalau musim liburan.
  • Lokasi Ndoro Dongker nggak susah kok dikenalin, tepatnya di kanan jalan Afdeling Kemuning No. 18 kalau dari arah Karanganyar.
  • Kontak buat yang butuh info lebih lanjut tentang Ndoro Donker 085879294235 / 0811190123